Sabtu, 31 Maret 2012

Cara Meningkatkan Traffic ( Pengunjung ) Blog

Do you like this post?

Mungkin anda para blogger banyak yang mencari-cari artikel tentang ini yaitu bagaimana caranya meningkatkan (mendapatkan) traffic/pengunjung blog.
Hal ini tentu saja sangat beralasan sekali karena traffic tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan kita. Semakin tinggi traffic blog kita, maka semakin besar pula pendapatan kita.
Berikut ini ada beberapa cara yang sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic (pengunjung) blog kita:
  1. ARTIKEL YANG BERKUALITAS. Ya, ini adalah syarat utama apabila anda mau blog anda di kerubungi oleh banyak penggemar. Bila syarat utama ini tidak bisa anda penuhi, maka jangan berharap pengunjung blog anda akan meningkat.
  2. PERBANYAK JUMLAH ARTIKEL. Bila yang pertama adalah KUALITAS, maka yang kedua adalah KUANTITAS. Bila semakin banyak artikel berkualitas yang anda buat, maka semakin besar pula kemungkinan blog anda akan dikunjungi.
  3. PEMILIHAN TEMA BLOG. Ini adalah hal yang sederhana namun sebenarnya tidak kalah penting dengan kedua hal diatas. Bila anda sudah salah dalam pemilihan tema untuk blog anda (pada awal pembuatan blog), maka bukan tidak mungkin semua yang anda lakukan selanjutnya akan menjadi sia-sia. Pilihlah tema yang banyak dicari orang di internet, namun upayakan untuk menghindari persaingan yang terlalu keras. Artinya, carilah tema yang spesifik yang masih sedikit pesaingnya.
  4. DAFTARKAN BLOG ANDA KE MESIN PENCARI. Traffic yang paling memungkinkan untuk didapatkan adalah yang berasal dari mesin pencari (terutama google). Jadi kalau blog anda belum anda daftarkan ke mesin pencari, maka segera daftarkan blog anda supaya cepat di indeks oleh mesin pencari. Sebenarnya banyak sekali mesin pencari tetapi saran saya hanya tiga mesin pencari saja yang wajib anda daftarkan yaitu : Google, Yahoo, dan MSN.
  5. PROMOSIKAN BLOG ANDA. Ini menurut saya adalah bagian yang paling susah kedua setelah MEMBUAT ARTIKEL. Dalam mempromosikan blog ini bisa anda lakukan dengan 2 cara yaitu secara Online dan secara Offline. Secara online bisa anda lakukan contohnya seperti : promosi gratis di iklan baris gratis, promosi di forum ataupun grup, promosi di bagian komentar blog orang lain (dengan seijin pemilik blog terlebih dahulu), promosi melalui email, dll. Sedangkan secara offline contohnya seperti : memberitahu kenalan tentang keberadaan blog kita, sms teman, promosi lewat radio (kalau memungkinkan), membuat selebaran, dll.
  6. MENINGKATKAN PAGE RANK BLOG ANDA. Bila anda ingin blog anda terindeks di halaman pertama mesin pencari, maka page rank blog anda harus bagus, karena bila page rank blog anda rendah, maka anda akan tersisih oleh blog yang memiliki page rank yang lebih tinggi dari blog anda (tentu saja untuk artikel yang berhubungan dengan keyword-nya).

Mungkin 6 poin diatas sebenarnya sudah cukup guna mendapatkan traffic untuk blog anda. Namun bila anda kurang puas, maka anda bisa mencarinya lewat google (atau mesin pencari lainnya), maka anda akan menemukan banyak sekali artikel mengenai cara mendapatkan traffic / pengunjung ini.
Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar